-->

Tuesday, January 30, 2018

ASUS VivoBook Max X441U, Performa Lumayan untuk Anak Kuliahan

Review ASUS VivoBook X441U Pada era digital seperti sekarang, sebuah device atau peralatan teknologi seperti notebook, praktis dibutuhkan seseorang untuk mengisi produktivitasnya. Apakah dia seorang pekerja kantoran, pekerja kreatif, atau anak sekolahan, mereka semua pasti memerlukannya.
Tetapi tentu saja antara anak sekolahan dan pekerja kantoran pasti terdapat perbedaan dalam kebutuhannya menggunakan perangkat komputasi tersebut. Pekerja kantoran atau profesional cenderung membutuhkan notebook yang sangat ringan dan tangguh, agar dapat diajak bepergian kemanapun untuk keperluan bisnis. Harga bagi mereka, bukanlah sebuah perkara.
Sementara anak sekolahan, juga memiliki kecondongan yang sama, sebaiknya notebook tersebut portable, ringan, dilengkapi dengan teknologi yang cukup untuk mengerjakan semua tugas-tugasnya sekolah atau kuliahnya. Tetapi, perbedaannya mendasarnya, mereka adalah kalangan yang sangat concern terhadap harga.
Pada kesempatan ini, penulis akan me-review salah satu produk dari ASUS yang dinamakan dengan VivoBook Max X441. Ini adalah sebuah notebook yang diperuntukan bagi segmentasi pengguna muda, seperti kalangan pelajar hingga mahasiswa.
Notebook ini berada pada kelas harga Rp5 jutaan. Tetapi beberapa aspek atau fitur yang dimilikinya harusnya bisa membuatnya nilai jualnya lebih mahal. Seperti misalnya, fitur speaker ber-chamber besar untuk membuat pengalaman bermultimedia menjadi lebih menyenangkan.
Serta adapula dukungan dedicated graphic card Nvidia GeForce 920MX untuk kelancara mengolah konten multimedia seperti gambar dan video Tentu Anda yang berhajat membeli notebook dengan budget terbatas patut mengikuti review ini. Selamat membaca.
Desain Full Color Bergaya Masa Kini
ASUS VivoBook Max X441 memiliki desain yang trendi dengan balutan warna full color untuk beberapa varian. Khusus untuk jenis varian warna yang penulis ulas, sepertinya ini yang paling standar di antara ragam warna lain.
ASUS memberikan warna metalic grey atau abu-abu metalic yang meluruh sempurna ke seluruh bodi pada perangkatnya satu ini. Dari mulai lid cover, ke area frame layar, hingga area keyboard beserta palmrest sampai ke bagian bawah/alas di bodinya.
Coba sejenak Anda perhatikan lebih dekat pada bagian lid covernya terdapat corak garis-garis halus atau brush line. Ini juga membuatnya semakin trendi dan unik ketika dipamerkan ke teman-temen terdekat.
VivoBook Max X441 memang terbuat dari plastik, namun tetap terasa kompak dan kuat. Untuk ukuran notebook yang bakal sering menemani aktivitas sehari-hari Anda, bobotnya cukup ringan yakni hanya 1,75Kg saja.
Bodinya memang agak tebal karena dilengkapi dengan Optical Disk Drive, namun disisi lain Anda tidak perlu pusing jika sewaktu-waktu membutuhkan ODD itu untuk membaca file atau keperluan sejenis. Secara ukuran, ketebalan laptop ini adalah 1,8 cm dan secara keseluruhan dimensinya yakni 34.8 x 24.2 x 2.76 cm (WxDxH).
Masuk pada ukuran layar, notebook ini punya bezel yang cukup tebal. Ketebalan bezelnya untuk bagian atas adalah 2,4 cm sedangkan di samping sekitar 1,9 cm.
Penggunaan bezel yang tebal memiliki nilai plus maupun minus. Bagusnya, jika seandainya secara tidak sengaja terbentur tidak terlalu keras, dampaknya tidak akan langsung mencederai LCD-nya. Sedangkan minusnya, penampilannya (khusus pada bagian dalam) akan terkesan biasa saja.
Layar Cemerlang Berkat Teknologi Optimalisasi Gambar
Untuk membuat layar pada notebook ini mampu menampilkan gambar yang baik, panel display telah memiliki resolusi HD (1366x768). Ukuran display-nya sendiri adalah 14 inci serta punya tingkat refresh rate 60Hz, yang artinya setiap satu detik monitor mampu menampilkan gambar sebanyak 60 kali. Fitur tersebut memang standar, namun menjadi cukup istimewa mengingat ini ditempatkan untuk perangkat kelas mainstream.
Tidak hanya itu, monitornya juga punya color gamut atau tingkat kedalaman warna hingga 45 persen sekaligus mempunyai LED backlit pada displaynya. Meski telah menyelipkan komponen hardware yang mumpuni untuk mengoptimalisasi tampilan visual, ASUS tampaknya tidak lantas puas begitu saja. Untuk mendukung dan memperkuat aspek tersebut, mereka telah mengembangkan sebuah software khusus.
Software tersebut antara lain bernama ASUS Splendid Technology, Tru2Life Video, dan TruVivid. Pertama, penulis ingin mengupas software bernama Splendid. Teknologi ini mampu mengoptimalisasikan berbagai kondisi gambar agar dapat ditampilkan dengan sebaik mungkin. Sehingga, apapun aktivitas yang Anda lakukan, baik menyaksikan film ataupun melihat foto, semua tampak lebih hidup.
Di dalam Spendid pun terdapat empat buah mode yang bisa dipergunakan pengguna untuk menyetel layar agar nyaman ketika dipergunakan. Empat mode tersebut antara lain, Normal Mode, Eye Care Mode, Vivid Mode, dan Manual Mode.
Normal Mode adalah, mode di mana LCD telah diprogram (setting) secara lebih optimal untuk kenyamanan tampilan visual. Penggunaan mode ini cocok untuk bekerja sehari hari, seperti mengedit dokumen dan melihat gambar.
Eye Care Mode adalah, mode dimana kecerahan pada cahaya biru di layar akan direduksi untuk menghindari cedera pada retina mata. Mode ini dirancang untuk keperluan penggunaan laptop dalam waktu yang lama.
Mode ini juga merupakan fitur teknologi terbaru yang telah dirancang oleh para engineer ASUS, dengan mempertimbangkan faktor kesehatan pada mata tadi. Cahaya biru pada layar akan dikurangi hingga 33 persen. Seperti diketahui ketika komputer dalam keadaan hidup (bekerja) display akan menampilkan cahaya biru pada rentang spektrum 450-495 nm.
Cahaya biru tersebut merupakan salah satu penyebab dari degenerasi makula dan cedera pada retina. Dengan fitur Eye Care yang terdapat di dalam Splendid, cahaya pada panel LCD akan dibuat lebih kuning (redup) untuk mengurangi dampak cedera tersebut.
Vivid Mode adalah mode dimana pengguna akan mendapatkan kontras warna, serta ketajaman gambar yang lebih tinggi dari sebelumnya. Itu berguna untuk memberikan pengalaman visual yang lebih hidup untuk melihat gambar seperti pemandangan di dalam film, foto dan lainnya.
Manual Mode adalah mode dimana pengguna dapat dengan bebas mengatur kecerahan dan tampilan pada layar sesuai dengan preferensi yang diinginkan.
Penulis telah menguji aplikasi ini dan mendapati bahwa, mode eye care mode memang sangatlah menarik. Ketika mengaktifkannya dan menggunakan notebook dalam waktu yang lama, pengguna tidak masih merasa mata sangat nyaman menggunakannya (menatap layar notebook).
Sedangkan TruVivid adalah sebuah teknologi untuk menyempurnakan kejernihan, kecerahan dan tingkat responsifitas pada layar. Teknologi ini mentransformasi desain yang umumnya diberikan pada layar perangkat pintar. Desain konvensional pada sebuah gadget umumnya tersusun atas empat lapisan antara lain, pelindung kaca, panel sentuh, celah udara dan modul LCD.
Nah, pada TruVivid, ada bagian yang dieliminasi dan digabungkan sehingga hanya menyisakan dua lapisan yakni pelindung kaca dan panel sentuh dan LCD. Hal ini memberikan dampak positif berupa tampilan yang lebih jelas, dimana nilai transparasi optiknya bisa mencapai diatas 94 persen dibandingkan desain panel layar perangkat pintar konvensional. Hal ini juga dapat mereduksi reflection rate (tingkat pantulan bayangan) di layar mencapai 67persen.
Terakhir adalah teknologi bernama ASUS Tru2Life Video yang diklaim akan selalu mampun menyajikan tampilan gambar bergerak yang mengagumkan pada perangkat ini. Tru2Life dikembangkan menggunakan teknologi pengolah gambar terbaru yang dapat Anda temukan pada perangkat televise high-end modern. Fitur ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran yang realistis terhadap sebuah video. Caranya  dengan meningkatkan kontras hingga 200 persen untuk memberikan ketajaman warna yang akurat dan detil.
Suara Lebih Jelas dengan Dual Speaker
Selain desain, faktor audio juga menjadi keunggulan tersendiri pada notebook ini. ASUS VivoBook X441 menggunakan teknologi audio SonicMaster untuk meningkatkan performa suara yang dikeluarkan oleh speaker sehingga menjadi lebih enak didengar. Secara garis besar, SonicMaster mampu memaksimalkan kemampuan audio sound card pada laptop ini, sehingga mampu mengeluarkan suara yang sangat nyaman di telinga.
Di samping SonicMaster, ASUS menyematkan pula teknologi ICEpower untuk mereproduksi keluaran audio speaker hingga menjadi lebih jernih. Fitur luar biasa yang memanjakan pengguna itu pun disediakan meski produk yang bersangkutan dipasarkan di harga yang sangat terjangkau.
Seperti yang Anda lihat, pada kali ini ASUS menempatkan dua buah speakernya diatas papan keyboard persis di bawah monitor. Dilihat sekilas ukuran speakernya sangat besar sehingga sangat wajar dia mampu menghasilkan suara yang mumpuni.
 Speaker ini mempunyai ukuran chamber atau ruang yang berukuran 24cc yang dialiri energi listrik dengan daya sebesar 3W. Ruang chamber yang besar berperan untuk membuat keluaran suara menjadi sangat jernih serta memiliki nuasa bass yang baik. Speaker tersebut juga memiliki aliran transmisi suara yang didesain khusus berbentuk agak bundar dibagian tengah. Hal itu berguna untuk mereduksi noise serta memberikan performa low frequency yang lebih baik.
Ketika penulis mengujinya dengan memaksimalkan volume hingga batas tertinggi, dentuman suara yang dikeluarkan terasa kencang dan renyah. Tak hanya itu, kualitas keluaran suara pun dapat diatur lebih lanjut sesuai keinginan pengguna dengan aplikasi AudioWizard.
Melalui AudioWizard, pengguna dapat men-setting suara ke dalam lima buah mode, yakni music mode, movie mode, recording mode, gaming mode, speech mode, atau juga mematikannya.
Performa Terbaik di Kelasnya
Membahas soal kinerja dan peforma, notebook ASUS VivoBook Max memiliki spesiifikasi jeroan prosesor Intel Core i3-6006U generasi keenam atau Skylake. Prosesor ini merupakan generasi prosesor dengan teknik litografi 14 nm.
Spesifikasinya, Intel Core i3-6006U memiliki kecepatan 2GHz, thermal design power (TDP) 15W, 2 core dan 4 threads. Intel Skylake merupakan prosesor terbaru yang lahir pada akhir 2016 lalu.
Prosesor ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur yang cukup baik untuk mendukung performa yang andal. Antara lain set instruksi 64 bit dan Cache L2 sebesar 3MB. Dengan spesifikasi tersebut, praktis komponen otak pada komputer ini akan mampu bekerja dengan lebih gesit dan cepat dalam mengolah perintah. RAM sebesar 4GB DDR4 disandingkan untuk menemani sang CPU bekerjasama untuk mempercepat kinerja menjadi lebih baik.
Penulis mencoba menguji notebook ini dengan cara membuka banyak tab pada browser, sekaligus juga menjalankan cukup banyak aplikasi. Hasilnya cukup memuaskan, notebook ini tak tersendat suhunya pun tidak terlalu panas.
Penulis juga memainkan game standar yakni Minion Rush pada notebook ini. Hasilnya game bisa dijalankan tanpa hambatan dan cukup nyaman. Tidak ada lag yang terjadi. Sayangnya penulis tidak bisa menampilkan screenshot FPS dari game tersebut dikarenakan kompatibilitas antara game dan aplikasi fraps.
Port Konektivitas Memadai
Notebook ASUS VivoBook Max dilengkapi dengan fitur konektivitas yang cukup memadai ditambah dengan dukungan kapasitas memori (hardisk) yang mencukupi, untuk menyimpan berbagai file. Sejumlah port connectivity yang dimiliki oleh notebook ini antara lain, port USB 3.0, USB 2.0, pembaca micro USB, audio jack serta dan HDMI dan USB Type-C.
Seperti diketahui, dengan menggunakan port USB 3.0, proses transfer data akan meningkat jauh lebih cepat 10 kali lipat dibanding USB 2.0. Selain itu port HDMI menambah kelangkapan konektor yang dapat digunakan untuk menghubungkan laptop dengan monitor lebih besar.
Selain itu, masih ada port konektor lain yang dapat dipergunakan untuk menghubungkan VivoBook Max X441 dengan perangkat lain secara nirkabel yakni Bluetooth 4.0 dan port Wi-Fi 802.11ac. Port koneksi Wi-Fi memiliki keunggulan yakni dapat menawarkan kecepatan transmisi data yang sangat tinggi, hingga mencapai 1300Mbps. Jauh lebih cepat dibandingkan dengan transmisi data Wifi berbasis 802.11n yang maksimum hanya mencapai 450MBps saja.
 
 Sementara Bluetooth 4.0, memiliki keunggulan memiliki konsumsi daya yang lebih kecil sehingga akan menghemat baterai serta memiliki jangkauan transmisi data yang lebih jauh dengan jarak lebih dari dari 100 meter.
Notebook ini juga turut dilengkapi dengan dukungan penyimpanan utama berkapitas cukup besar yang mampu menampung berbagai data-data pribadi Anda di dalamnya. Data sebesar 500GB dapat disimpan di media penyimpanan yang bekerja pada kecepatan 5400rpm, menggunakan konektivitas SATA 3 yang menawarkan transfer data hingga 3Gbps.
Laptop ini juga mendukung kamera depan dengan kualitas yang mencukupi untuk mendukung kegiatan video conference, menggunakan ragam aplikasi seperti Skype atau Google Hangout. Fitur tersebut/tentunya sangat bergunaka manakala Anda ingin berkomunikasi jarak jauh dengan kerabat atau rekan kerja.
Hasil Benchmark
Kesimpulan
Jadi kesimpulannya, untuk penggunaan harian dengan skala middle hingga heavy duty, ASUS VivoBook X441 mampu melakukannya dengan baik. Untuk kebutuhan mengolah pekerjaan dan multitasking seperti mengetik, browsing, menonton. Terlebih dalam hal menonton, penulis sangat terkagum dengan kemampuan speakernya. Hemat penulis, ini mungkin salah satu notebook Rp5 jutaan yang kualitas speakernya setara dengan notebook ASUS N-Series yang berada di kelas Rp10 jutaan.
Perangkat ini pun ringan sehingga sangat asik dibawa berpergian. Keyboardnya juga sangat nyaman ketika ditekan, sehingga pengguna yang lebih dominan menggunakan notebook untuk keperluan menulis, seperti blogger, pelajar, mahasiswa, penulis cerpen, penulis buku, reporter dan lainnya, tentu sangat terbantu dengannya.
Meski begitu, ada sedikit kelemahan yakni tidak terlalu mampu untuk menjalan beban pekerjaan, yang mengandalkan grafis seperti bermain game dengan preset terlalu tinggi, editing gambar multi layer maupun video dengan efek yang banyak. Kekurangan ini disebabkan kinerja prosesor yang diperuntukan untuk segmen value for money memang memiliki keterbatasan untuk melakukan beban pekerjaan berat terlebih dalam dalam hal olah grafis tinggi.
Namun demikian, notebook ini tetap, sebagai perangkat consumer yang menawarkan harga terjangkau. ASUS VivoBook X441 lebih dari cukup untuk memuaskan penggunanya,terutama dalam hal pekerjaan dan multimedia.
Main Spec.

OS
Windows 10
CPU
Intel Core i3-6006U
Memory
4GB DDR4 2133 MHz RAM
Storage
500GB HDD 5400RPM SATA HDD
Display
14.0" (16:9) LED backlit HD (1366x768) Glare 60Hz Panel with 45% NTSC 
Support ASUS Splendid Technology
Graphics
NVIDIA® GeForce® GT920M with 2GB VRAM
Input/Output
1 x COMBO audio jack, 1 x VGA port/Mini D-sub 15-pin for external monitor
1 x USB 3.0 port(s), 1 x USB 2.0 port(s), 1 x USB-C Gen 1 (up to 5 Gbps), 1 x RJ45 LAN Jack for LAN insert, 1 x HDMI
Disk Drive
Super-Multi DVD (On selected models)
Keyboard
Chicklet keyboard (2,3 mm travel distance)
Camera
VGA Web Camera
Connectivity
Wi-Fi Integrated 802.11b/g/n, Integrated 802.11 AC Bluetooth
Built-in Bluetooth V4.0
Audio
Built-in Speakers And Microphone with SonicMaster
Weight 
1.7Kg
Dimension
34.8 x 24.2 x 2.76 ~ cm (WxDxH)
Colors
Silver Gradient, Chocolate Brown, Aqua Blue, White, dan Red
Battery
3 Cells 36 Whrs Battery
MSRP
Rp 6.749.000 (Windows 10) / Rp 5.949.000 (DOS)
Warranty
2 years full global warranty

Advertiser